Simulasi Pemungutan Suara, Transformasi Pemilu Menuju Proses Yang Lebih Cepat dan Transparan

Indosultra.Com, Kolaka Timur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur meresmikan era baru dalam Pemilu 2024 dengan menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) bertempat di lapangan desa Desa Lalingato, kecamatan Tirawuta, Rabu (24/01/2024) Pagi.

Hal ini menandakan Komitmen mereka untuk mewujudkan proses Pemilu 2024 yang lebih efisien dan transparan.

Penggunaan aplikasi SIREKAP menjadi terobosan inovatif yang diadopsi oleh KPU Kolaka Timur untuk mempercepat pengumpulan data hasil pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Murhum Halik S.TP selaku Ketua KPU Kolaka Timur mengatakan Simulasi ini melibatkan 133 Petugas Pemungutan Suara (PPS) dari desa dan kelurahan di Koltim, yang turut serta menguji keandalan aplikasi tersebut, membuktikan bahwa informasi dapat disajikan dengan lebih cepat dan akurat.

“Sesuai buku panduan kami, instruksi hadir minimal jam 06.00 di TPS untuk persiapan terakhir. Kegiatan ini juga dirancang untuk memperkuat kapasitas dan melibatkan masyarakat serta stakeholder penting, termasuk Kapolres, Dandim, dan penyelenggara pemilu,” ungkap Murhum.

Dalam sesi evaluasi simulasi, hasil dan evaluasi disampaikan kepada para pemangku kepentingan, termasuk undangan kepada pimpinan provinsi yang turut serta dalam mengevaluasi proses ini.

Simulasi ini merupakan langkah strategis untuk memastikan kesiapan tim penyelenggara di lapangan, selain mengevaluasi efisiensi waktu dalam setiap tahapan, simulasi ini bertujuan untuk memastikan keandalan alat dan prosedur serta mempersiapkan penyelenggara menghadapi segala kemungkinan yang mungkin terjadi di lapangan.

Ketua KPU Koltim, Murhum Halik S.TP, menyampaikan harapannya. “Simulasi ini memberikan peluang untuk memperbaiki dan melengkapi setiap tahap proses. Semua pihak terlibat berdoa agar pelaksanaan Pemilu nanti berjalan lancar dan memenuhi semua standar transparansi serta partisipasi masyarakat,” ucapnya.

Dengan semangat inovasi dan transparansi, KPU Kolaka Timur memberikan komitmen kuat untuk menjadikan proses Pemilu 2024 sebagai tonggak sejarah yang membawa perubahan positif dalam tata kelola dan pelaksanaan pemilihan umum di daerah ini.

Laporan : Asrianto Daranga.

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!