Sukses di Konut, Pemimpin Visioner Ruksamin Calon Gubernur Perluas Jejak Beasiswa Pendidikan Hingga Sultra

Indosultra.Com, Kendari, Sulawesi Tenggara – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin, tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur, namun juga memberikan perhatian serius terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerahnya.

Melalui program Beasiswa Ruksamin Gubernurku 2024 dengan tagline “Kubangun Manusia Melalui Beasiswa Pendidikan,” Ruksamin berkomitmen untuk membentuk generasi muda yang berkualitas.

Ruksamin, yang telah menjabat sebagai Bupati Konut selama dua periode, dikenal sebagai pemimpin peduli, cerdas, dan visioner. Upayanya dalam membangun masa depan generasi muda tercermin dalam program beasiswa yang telah ia gagas selama beberapa tahun terakhir.

Program Beasiswa Ruksamin Gubernur 2024 tidak hanya ditujukan untuk mahasiswa di lingkup Konut, tetapi juga memperluas cakupannya hingga ke pelajar dari berbagai wilayah di Sultra. Saat ini, program ini telah mencakup ribuan penerima beasiswa di berbagai tingkatan pendidikan, dari Taman Kanak-kanak hingga perguruan tinggi, di Kabupaten Konawe utara.

Banyak dari para penerima beasiswa ini telah menunjukkan kemajuan signifikan dalam prestasi akademik mereka, meraih penghargaan baik di tingkat lokal maupun nasional. Program beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memberikan kesempatan setara bagi semua anak, dan mendorong perkembangan manusia di wilayah Sultra.

Dalam wawancara eksklusif, Ruksamin menjelaskan komitmennya untuk memastikan bahwa setiap anak di Sultra memiliki akses ke pendidikan berkualitas. Baginya, pendidikan adalah kunci untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat Sultra.

“Saya tidak mau melihat anak-anak Sultra menjual tanah, kebun, atau sawah. Tidak ada anak yang seharusnya kehilangan kesempatan hanya karena keterbatasan finansial. Inilah mengapa saya memulai program beasiswa ini,” ujar Ruksamin dengan semangat.

Program beasiswa Ruksamin Gubernurku 2024 menjadi langkah konkret untuk mewujudkan visi membangun manusia melalui pendidikan. Ditetapkan untuk siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu, program ini memberikan dukungan keuangan untuk biaya sekolah, buku, seragam, dan perlengkapan pendidikan lainnya.

Selain dukungan keuangan, program beasiswa ini juga menyediakan bimbingan akademik dan mentorship bagi para penerima beasiswa. Melalui kerja sama dengan sekolah-sekolah di dalam dan luar negeri, Ruksamin berupaya memastikan siswa-siswa ini mendapatkan lingkungan belajar kondusif dan mendapatkan bimbingan untuk mencapai prestasi akademik yang lebih tinggi.

Masyarakat Konut memberikan apresiasi tinggi terhadap inisiatif Ruksamin. Banyak orang tua merasa terbantu dengan adanya program beasiswa ini, karena tidak lagi perlu khawatir tentang biaya pendidikan anak-anak mereka. Sementara itu, para siswa merasa termotivasi dan bersemangat untuk belajar, mengetahui bahwa ada seseorang yang peduli dengan masa depan mereka.

Ruksamin menyampaikan pesan kepada masyarakat Sultra bahwa jika terpilih sebagai Gubernur periode 2024-2029, Bumi Anoa akan menjadi pilar utama dalam membangun generasi yang berdaya, berpengetahuan luas, dan memiliki keterampilan memadai untuk menghadapi tantangan masa depan.

Pendidikan di Sultra akan menjadi jembatan untuk mewujudkan impian dan mengubah hidup seseorang. Dengan fokus pada kualitas dan aksesibilitas pendidikan, Sultra akan menciptakan lingkungan inklusif tanpa memandang latar belakang sosial, budaya, atau ekonomi, mewujudkan impian dan mengubah hidup seseorang.

Pendidikan di Sultra akan menanamkan nilai-nilai kejujuran, kerja keras, dan keadilan dalam setiap siswa. Melalui kurikulum beragam dan inovatif, siswa diharapkan akan berpikir kritis, berkolaborasi, dan menjadi pemecah masalah yang tangguh.

Program pendidikan akan menjadi wahana untuk mengembangkan potensi lokal dan menjaga warisan budaya daerah. Dengan menggabungkan nilai-nilai lokal dan pengetahuan global, pendidikan di Sultra akan mempersiapkan generasi yang menghargai dan memperkuat identitas mereka sendiri.

Pendidikan di Sultra akan membuka pintu bagi kesempatan yang lebih baik di dunia kerja. Dengan program pendidikan berorientasi keahlian praktis dan industri, lulusan Sultra diharapkan akan siap menghadapi persaingan global dan berkontribusi pada pembangunan daerah mereka.

Ruksamin optimis bahwa melalui pendidikan, masyarakat akan melihat pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kemajuan sosial yang signifikan. Pendidikan adalah investasi terbaik yang dapat diberikan kepada anak-anak Sultra untuk menciptakan perubahan positif dan memberikan harapan untuk masa depan yang lebih cerah.***(IS/B)

Laporan: Asrianto Daranga

Koran Indosultra Koran Indosultra