Tingkatkan Keterampilan, 20 Remaja Ikut PKW Mekanik PKBM Mandiri Konawe

Tingkatkan Keterampilan, 20 Remaja Ikut PKW Mekanik PKBM Mandiri Konawe
Foto bersama Pengurus PKBM Mandiri bersama 20 peserta PKW Mekanik

Indosultra.com, Unaaha – Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Mandiri bersama Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Konawe, membuka program pendidikan kewirausahaan (PKW) di bidang mekanik dan perbengkelan di Desa Walay, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara, Rabu (3/8/22).

Bersama Direktorat jenderal (Ditjen) pendidikan vokasi kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) riset dan teknologi republik Indonesia kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 30 hari.

Ketua panitia pelaksana Muhammad Tensi SKom mengungkapkan, peserta kegiatan ini sebanyak 20 orang remaja dan dewasa yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilannya di bidang mekanik. “Pesertanya 20 orang. Untuk durasi pelatihan mereka selama 30 hari atau sekitar 200 jam pelajaran,” jelasnya.

Tensi panggilan akrabnya juga menyebutkan, 20 peserta ini merupakan remaja yang belum memiliki pekerjaan dan berhenti bersekolah karena keterbatasan biaya.”Mereka kita berikan pelatihan dan pendidikan agar mereka juga bisa mendapatkan pekerjaan ataupun bisa membuka usaha setelah mengikuti pelatihan ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan anak usia dini dan Pendidikan masyarakat (Paud Dikmas) kabupaten Konawe, Siti Rostina MAp berharap agar peserta pelatihan ini benar-benar mengikuti kegiatan dengan baik agar ilmu yang diberikan dapat bermanfaat.

” Karena pada hakikatnya keberhasilan itu datang dari keinginan kita, kalau ingin sukses dan berhasil harus dimulai dari niat dan kemauan kita,” jelasnya.

Di tempat yang sama, salah satu peserta pelatihan bernama Jamrud berharap agar materi yang akan didapatkan nanti dapat membantu dia dalam mencari pekerjaan. “Semoga bisa bermanfaat, kalau kita mau masuk kerja di tambang pasti kita diterima karena ada mi keterampilan,” ujar Jamrud.

Laporan: Febri