Tingkatkan Kualitas UMKM, Pemkot Kendari Rencana Datangkan 100 Tutor

Tingkatkan Kualitas UMKM, Pemkot Kendari Rencana Datangkan 100 Tutor
Foto bersama sesaat setelah launching Kendari Preneur, Minggu (28/03/2021) (Istimewa)

Indosultra.com, Kendari – Pemerintah Kota Kendari resmi melaunching Kendari Preneur yang akan menjadi wadah dan wahana bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Launching digelar di Tambat Labuh Kota Kendari, Minggu (28/3/2021) dengan relatif santai.

Iwan Kurniawan selaku Presiden Global Enterpreneur Profesional mengatakan, pelaku usaha terkadang memiliki masalah tentang regulasi yang tidak mudah sehingga menurutnya diperlukan mentalitas dan mindset yang tidak mudah terpatahkan.

“Dengan itu, untuk mendukung UMKM di Kota Kendari, kita menyediakan mentor untuk pelatihan terutama bagaimana untuk membuat laporan keuangan yang efektif,” ungkap Iwan Kurniawan.

Selain itu, kata dia, sebanyak 100 mentor yang disertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menjadi mentor kepada pelaku usaha UMKM.

Di tempat yang sama, Dashboard Kendari Preneur www.kendaripreneur.com menjadi platform transaksi usaha, yang memuat beragam produk unggulan hingga masalah yang dihadapi oleh UMKM.

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, launching tersebut menjadi momentum menyinergikan pemerintah dan pelaku usaha untuk bersama-sama menyatukan potensi dan langkah.

“Lewat Kendari Preneur inilah kita bisa saling mendukung untuk mencapai kesuksesan bersama,” tutur Sulkarnain

Dalam kegiatan itu turut hadir Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendari, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ketua TP PKK Kendari, beserta Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara bersama Bank Sulawesi Tenggara.

Laporan Rachmat Ramadhan