4 Kandidat Nama Ini Bersaing Pada Seleksi Sekda Konawe Utara

Foto: Kepala BKPSDM Konut, Muh. Nur Sain, S.Sos.,MM

Indosultra.Com, Konawe Utara – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi membuka seleksi calon Sekertaris Daerah (Sekda) definitif.

Sebelumnya, Sekda Konut, Dijabat oleh Drs.H.Kasim Pagala M.Si. Setelah memasuki masa pensiun, posisi sekda dengan ketentuan sebagai Penjabat (PJ) di gantikan sementara oleh Safruddin, S.Pd.,M.Pd yang saat ini masih aktif menjabat sebagai Asisten l Bidang Pemerintahan.

Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konut, Muhammad Nur Sain, S.Sos.,MM menuturkan, seluruh tahapan seleksi calon Sekda Konawe Utara telah dilaksanakan dan berlangsung lancar. Proses tahapan seleksi telah berakhir Tanggal 27 Maret 2024 dini hari.

Nur Sain mengungkapkan, dari hasil seleksi yang sebelumnya berlangsung ada terdapat 4 nama yang mengikuti seleksi untuk bersaing merebut jabatan Sekda definitif di Pemerintahan Bumi Oheo itu. Antara lain;
1. Safruddin S.Pd.,M.Pd., saat ini jabat definitif Asisten l Bidang Pemerintahan.
2. Rahmatullah SH. Saat ini menduduki Jabatan asisten ll Sekretariat Daerah (Setda) Konut.
3. Muhamad Akbar, SP.,M.Si
Saat ini menjabat Asisten ll Setda Kabupaten Konawe.
4. Antariksa, SE,M.Si., Staf Setda Konut.

“Untuk proses tahapan saat ini, sudah mereka laksanakan seluruh tahapan dan terakhir hari ini 27 Maret. Dan Panitia seleksi (Pansel) telah laksanakan rapat pleno untuk penetapan yang masuk tiga besar calon Sekda Konut,”Kata Muhammad Nur Sain kepada awak media, 27 Maret 2024.

Ia menyampaikan, pengumuman 3 beser hasil seleksi akan disampaikan pada Tanggal 28 Maret 2024. Hal itu, Berdasarkan hasil pleno Pansel.

“Untuk tim Panselnya dari Bapak Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. Asrun Lio., M.Hum., Ph.D, bersama empat orang anggotanya,”ujarnya.

Nur Sain menambahkan, untuk hasil pleno 3 besar calon Sekda Konut oleh tim Pansel akan di laporkan ke Bupati Konut selaku Pejabat Pembina Kepegawaian.

Selanjutnya, akan di umumkan secara terbuka dan disampaikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)
untuk mendapatkan rekomendasi sebagai persyaratan administrasi, dimana Bupati akan menetapkan 1 orang nama, dan selanjutnya di koordinasikan ke Gubernur Sultra untuk Bupati dapat melaksanakan penetapan/pelantikan Sekda definitif.

“Kalau dari proses tahapan hingga akhir, kemungkinan pelantikan Sekda Definitif akan berlangsung di bulan depan, bulan april ini. Karena selanjutnya juga akan dilakukan pelantikan pejabat eselon ll b hasil asesmen,”ucapnya.

Dirinya menegaskan, sebelumnya seleksi Sekda dilakukan secara transparan dan terbuka untuk umum, tanpa ada intervensi dan kepentingan lainnya. Seleksi Sekda definitif dilaksanakan semata-mata untuk kepentingan kemajuan roda pemerintahan.***(IS/A)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra