Berisiko Terjadi Gelombang Tinggi, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Berisiko Terjadi Gelombang Tinggi, BMKG Imbau Masyarakat Waspada
Ilustrasi

Indosultra.com, Kendari – Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG ) Kendari menghimbau masyarakat yang tiggal dan beraktivitas di pesisir pantai agar tetap waspada.

Hal tersebut berdasarkan peringatan dini cuaca yang diterbitkan oleh prakirawan BMKG, LN Didik Tri Utami mulai Rabu (14 /4/2021) hingga Sabtu (17/4/2021) nanti.

Menurutnya pola angin umumnya dari Tenggara sampai Barat Daya dengan kecepatan 2 – 20 knot, dan kecepatan angin tertinggi terpantau di wilayah Perairan Banggai, Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara dan Perairan Manui-Kendari.

“Perkiraan tinggi gelombang 1.25 – 2.5 berpeluang terjadi di Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara Bagian Timur,” katanya.

Di samping itu dia juga mengatakan risiko tinggi terhadap keselamatan transportasi pelayaran sangat tinggi karena kecepatan angin lebih dari 15 knot – 27 knot, dan tinggi gelombang di atas 1.25 – 4.0 m.

Ia juga mengharapkan kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir serta transportasi pelayaran, agar tetap memperhatikan keselamatan, terutama bagi yang berada di sekitar area berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Laporan : Ramadhan