Di Kecamatan Sawa, Bupati Konut Pimpin Langsung Pelaksanaan Pasar Murah Dan Pembagian Sembako Gratis

INDOSULTRA.Com Konawe Utara-Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin memimpin langsung pelaksanaan pasar murah di Kecamatan Sawa, Senin (7/8/2023).

Pasar murah yang dilaksanakan Pemerintah Konut melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) diperuntukkan untuk masyarakat umum diwilayah itu.

Acara itu turut diikuti, Sekda Konut, Kasim Pagala, pihak Kodim 1430 Konut, Polres Konut, DPRD Konut, jajaran OPD Konut, Pemerintah Kecamatan, dan Desa dan masyarakat diwilayah itu.

Bupati Konut Ruksamin menyampaikan, pasar murah yang diselenggarakan sebagai upaya Pemerintah untuk membantu masyarakat memperoleh kebutuhan makan dengan harga terjangkau.

Selain itu, kata Bupati 2 Periode ini, juga upaya menangani dan menekan inflasi, serta kemiskinan ekstrim, stunting yang menjadi program nasional Pemerintah Pusat.

Lebih jauh dijelaskan Ruksamin, pasar murah diselenggarakan di seluruh kecamatan wilayah itu, dengan total 13 kecamatan sebagai mana yang telah ditetapkan.

“Pasar murah yang digelar ini menyiapkan berbagai macam kebutuhan malam 9 bahan poko (sembako), dengan harga yang lebih murah dari harga pasar pada umumnya. Ini kita laksanakan untuk masyarakat kita,”ungkapnya diacara itu.

“Misalkan, beras 10 kilo gram di pasar seharga Rp 130 ribu an, kita jualkan di harga Rp 90 ribu. Perbandingan harga 30 persen dengan harga di pasar-pasar umum. Sama dengan bahan makanan lainnya,”tambahnya

Ruksamin yang juga sebagai Koordinator MW KAHMI Sultra ini mengatakan, pasar murah terbuka untuk umum, dan menyediakan stok sembako tidak terbatas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kita laksanakan diseluruh kecamatan. Untuk saat ini, sudah berlangsung di 6 kecamatan, antara lain, Kecamatan Andowia, Lasolo, Molawe Wawolesea, Lembo, dan Sawa,”paparnya.

Dia menambahkan, pasar murah yang berlangsung merupakan wujud visi misi Konasara untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama penanganan inflasi.

Pelayanan pemerintah, khususnya pada penanganan inflasi, stunting juga kemiskinan ekstrim terus dimaksimalkan dengan melahirkan program yang menyasar langsung kemasyarakat.

Sedangkan untuk model penjualan pasar murah, lanjut Abu Haera, Pemda menyiapkan kupon menu sembako yang dipilih oleh masyarakat, selanjutnya digunakan masyarakat untuk membeli barang dagangan yang dipasarkan.

“Pemerintah terus berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat, salah satunya dalam memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga dengan terlaksananya program pasar mura ini, kita berharap dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat peroleh bahan kebutuhan makanan,”ujarnya.

Pasar murah yang berlangsung mendapat banyak apresiasi dari masyarakat, dan berharap program tersebut dapat terus berlanjut untuk membantu ekonomi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Pasar murah melibatkan langsung Pemerintah Konut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), jajaran Polres Konut, Kodim Konut dan Forkopimda Konut lainnya.

“Dalam program pasar murah, kita juga rangkaian pembagian sembako gratis untuk 100 kepala keluarga kategori program kemiskinan ekstrim. Data penerimanya kita ambil dari pemerintah masing-masing kecamatan, sebagai mana yang diinstruksikan bapak bupati untuk pelayanan dimasyarakat”tutupnya.**(IS) (ADV)

Laporan: jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra