Dorong Percepatan Pembangunan, E- Katalog Konstruksi Merajut Inovasi di Kolaka Timur

Indosultra.Com, Kolaka Timur – Matabondu, Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, mengambil langkah progresif dalam mendorong percepatan pembangunan dengan menggelar sosialisasi penggunaan e-katalog konstruksi.

Acara yang berlangsung di Aula Rujab Bupati pada Selasa (06/02/2024) ini, dibuka oleh Sekda Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa, yang mewakili Bupati Kolaka Timur.

Sosialisasi ini tidak hanya dihadiri oleh jajaran pimpinan OPD, Kabag, Asisten, camat, dan Direktur RSUD Koltim, namun juga melibatkan PA/KPA/PPK serta pejabat pengadaan lingkup Pemda Koltim dan penyedia jasa konstruksi.

Dalam sambutannya, Sekda Kolaka Timur, Andi Muh. Iqbal Tongasa, menekankan pentingnya penggunaan e-Katalog Konstruksi untuk menjauhkan praktik proyek titipan.

“Penggunaan e-Katalog Konstruksi ini memberikan ruang kepada siapa saja terkait pengadaan barang dan jasa sehingga tidak ada lagi alasan bahwa yang memenangkan pekerjaan tersebut adalah titipan,” ujarnya.

Iqbal berharap bahwa melalui sosialisasi ini, para pimpinan OPD dapat lebih memahami peran, fungsi, dan tugasnya dalam pengadaan. Dia menyoroti pentingnya pendelegasian dan pengambilan keputusan yang berani dan bertanggung jawab.

“Pemerintah Daerah sangat berharap implementasi e-katalog konstruksi sudah mulai dilaksanakan tahun ini. Melalui e-katalog konstruksi ini juga dapat memangkas jarak serta efektivitas pemeriksaan menjadi lebih mudah,” tambahnya.

Menanggapi proses pengajuan yang seringkali memakan waktu, Iqbal optimistis bahwa dengan e-Katalog Konstruksi, proses tersebut dapat dilakukan dalam waktu singkat.

“Kalau selama ini proses pengajuan dilakukan 20-30 hari, bisa jadi dengan penggunaan e-Katalog konstruksi ini dapat dilakukan selama 7 hari, sehingga tidak ada lagi cerita keterlambatan,” tegasnya.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Kolaka Timur, Gusti Putu Artana, ST menambahkan bahwa tujuan pelaksanaan sosialisasi ini adalah memberikan pengetahuan yang komprehensif tentang penggunaan katalog konstruksi tahun anggaran 2024 kepada semua pihak terkait.

“Kegiatan sosialisasi penggunaan katalog konstruksi ini merupakan yang pertama kali di Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Kolaka Timur,” ungkapnya.

Diharapkan, usai kegiatan ini, implementasi e-katalog konstruksi dapat segera diaplikasikan di Pemerintah Daerah Kolaka Timur, membawa angin segar dalam pengadaan barang dan jasa serta mempercepat proses pembangunan di daerah tersebut.

Laporan : Asrianto Daranga.

Koran Indosultra Koran Indosultra