DPRD Konut Bersama Pemda Gelar Paripurna KUA-PPAS TA 2023

Indosultra.Com, Konawe Utara – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Konawe Utara (Konut), menyelenggarakan rapat paripurna dalam acara penyampaian rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Konut Tahun Anggaran (TA) 2023, dan rancangan KUA-PPAS perubahan anggaran APBD Kabupaten Konut TA 2023.

Penyerahan KUA-PPAS tersebut, diserahkan oleh Bupati Konut, Ruksamin melalui Wakil Bupati (Wabup) Konut, Abu Haera. Dokumen itu, diterima langsung oleh Ketua DPRD Konut, Ikbar melalui Wakil Ketua ll DPRD, I Made Tarabuana bertempat di Aula Paripurna DPRD Konut, Jumat (28/07/2023).

Penyerahan KUA-PPAS, berdasarkan Permendagri nomor 12 tahun 2019, pasal 90 sampai 92 terkait ketentuan KUA dan PPAS, dimana kepala daerah menyusun rancangan KUA dan PPAS menyampaikan kepada DPRD untuk di bahas dan di sepakati bersama antara kepala daerah dan DPRD.

Wabup Konut Abu Haera saat diwawancarai, mengharapkan setelah diserahkannya KUA-PPAS ke DPRD agar pembahasan di percepat. Sebab kata dia, sesuai jadwal bahwa penyerahan itu sebelum selesai bulan juli.

“Setelah penyerahan penandatanganan antara DPRD dengan bupati itu batas pertengahan Agustus 2023 dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan dari pemerintah pusat Itulah dasar dan patokan kita, “ucapnya.

“Kesiapan kita, hari ini kita sudah serahkan kami selaku Pemerintah Daerah telah siap untuk melaksanakan, “tambahnya.

Senada Wakil ketua dua DPRD Konut, I Made Tarubuana mengungkapkan, DPRD Konawe Utara segera akan menjadwalkan untuk membahas KUA-PPAS.

“Untuk jadwal pembahasannya sendiri direncanakan mulai besok malam hingga tanggal 31, Senin kami bisa selesaikan. Ini akan dilakukan di Kota Kendari, “jelasnya.

I Made Tarabuna menyebutkan, dalam pembahasan KUA-PPAS nanti, DPRD Konut sendiri, akan mempelajari, mengkaji program-program kepala daerah dan wakil kepala daerah, terutama terkait kesejahteraan masyarakat.

Termasuk juga, lanjut I Made Tarabuana, di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, infrastruktur dan lainnya yang masih banyak dibutuhkan di Konawe Utara .

“Nanti disesuaikan dengan jumlah APBD kita, itu berapa besarannya akan seperti itu, tentunya beliau akan membagi pagu nanti dengan sesuai dengan kebutuhan dinas terkait, “tutupnya.*(IS)

Laporan: Jefri

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!