Gempa 3.1 SR, Guncang Kolaka dan Kolaka Timur

Gempa 3.1 SR, Guncang Kolaka dan Kolaka Timur
Gempa - Gempa bumi tektonik berkekuatan 3.1 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra). Pada Minggu (6/6/2021), pukul 22:41 WITA. (Istimewa)

Indosultra.com, Kolaka – Gempabumi teknotik berkekuatan 3.1 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Gempa itu terjadi pada Minggu (6/6/2021), pukul 22:41 WITA. Gempa yang bersumber di daratan itu, terletak pada koordinat 4.13 Lintang Selatan (LS) dan 121.77 Bujur Timur (BT) di kedalaman 10 Km.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rudin mengungkapkan, berdasarkan pantauan hingga pukul 23:45 WITA, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempabumi susulan (aftershock).

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kolaka di Kolaka,” kata Rudin dalam keterangan tertulis, Minggu (6/6/2021).

Untuk menghindari dampak gempa, Rudin menyarankan, agar memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan terhadap gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

“Menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa serta tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Untuk diketahui, berdasarkan laporan masyarakat yang diterima oleh BMKG gempa yang dirasakan di wilayah Kolaka dan Kolaka Timur itu, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. (b)

Laporan : Rachmat Ramadhan