Pemda Konut Urutan ke 3 Se-Sultra Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Ketgam: Ketua Satgas Covid Konut, Ruksamin bersama Wakil Bupati Konut, Kapolres Konut, Kejakasan dan pihak TNI saat mengikuti program vaksinasi.(Indosultra.Com)

Indosultra.Com, Konawe Utara-Aksi penanganan pencegahan dan penyebaran virus Covid-19, serta pelaksanaan vaksinasi oleh tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), terus menuai hasil yang baik.

Terbukti, keaktifan Satgas Covid Konut dibawah komando Bupati Ruksamin tidak hanya memberikan dampak baik pada masyarakat, tapi juga mengantar daerah Konut berada di urutan ke 3 se-Sultra dalam pelaksanaan vakasinasi Covid-19. Vaksin yang digunakan jenis sinovac.

Ketua Satgas Covid Konut, Ruksamin bersama tim saat melakukan sosialisasi dan himbauan di pusat perbelanjaan masyarakat tentang bahaya virus covid-19 dan cara pencegahannya.

Sebelumnya, kepesertaan vaksinasi Konut berada di bawah angka standar hanya 58,6 persen. Akan tetapi, setelah dimaksimalkan dengan menggerakkan semua lini satgas, persentasenya melonjak naik 93 persen lebih dan mengantar di urutan ke 3 dari 17 kabupaten/kota di Sultra.

“Pelaksanaan vaksinasi menyentuh langsung keseluruh element masyarakat, baik dari Kepolisian, TNI, tenaga kesehatan, aparat desa, tenaga pendidik, pejabat publik, warga lansia sampai masyarakat umum,”kata Ketua Satgas Covid-19 Konut, Ruksamin, Sabtu (5/6/2021).

“Himbauan dan sosialisasi terus kita laksanakan hingga saat ini, sehingga inilah yang menjadi salah satu dasar pencapaian vaksinasi kita naik. Ini masih terus kami tingkatkan,”ujarnya.

Tim medis covid Konut saat turun lapangan membagikan alat perlindungan diri covid-19 kepada masyarakat.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Konut, Nurjannah Efendi mengatakan, program vaksinasi terus di genjot. Serta, menggunakan tenaga vaksinator yang memiliki kualitas dan profesional dibidangnya.

Pemberian suntikan vaksin kepada masyarakat pun kata Nurjannah, juga dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan untuk mendeteksi layak tidaknya pasien peroleh obat penangkal virus mematikan itu.

“Sampai saat ini pelayanan vaksinasi masih terus berjalan di Dinas Kesehatan sampai ke Puskesmas-Puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan. Alhamdulillah semua berjalan baik tidak ada masalah dan kendala,”terangnya.

Untuk diketahui, aksi pelayanan Satgas Covid Konut melibatkan langsung Pemerintah Konut, bersama Kepolisian Polres Konut, Kodim 1417/Kendari dan Kejaksaan Negeri Konawe.*(IS)

Laporan: Jefri Ipnu