Gempa Magnitude 3,1 SR Guncang Koltim, BMKG : Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada

Gempa 3,1 Skala Richter Guncang Wilayah Konsel
Ilustrasi

Indosultra.com, Kendari – Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Sulawesi Tenggara ( Sultra ). Kali ini Gempabumi berkekuatan 3,1 Skala Richter (SR) menguncang Kolaka Timur ( Koltim Sulawesi Tenggara (Sultra) Jumat (3/8/2021) berlokasi 3.97 LS – 121.85 BT 3,6 Kilometer tenggara Tinondo Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala BMKG Kendari, Rudin menjelaskan gempa bumi yang terjadi di beberapa wilayah Sultra akhir – akhir ini, seperti gempa pada Rabu (1/8/2021) di Kota Kendari diakibatkan oleh adanya aktivitas sesar Kendari segmen utara, sedangkan gempa yang terjadi di Koltim, Jumat (3/8/2021) disebabkan dari sesar lokal daerah. Saat ini pihaknya belum bisa mengidentifikasi nama aktivitas sesar yang terjadi di daerah tersebut.

“Dan sampai saat ini belum ada gempa susulan. Adapun untuk kejadian gempa di daerah lainnya sampai saat ini kami belum bisa memprediksi di mana akan terjadi gempa, kapan dan berapa kekuatannya,” terang Rudin saat dihubungi, Jumat (3/8/2021) pukul 14.16 WITA.

“Belum ada laporan kerusakan sampai saat ini,”lanjutnya.

Rudin mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, terutama warga yang tinggal di kawasan perbukitan yang curam. Sebab selain potensi gempabumi susulan yang sulit diprediksi juga karena tingginya curah hujan saat ini yang membuat tanah basah dan labil bisa memicu terjadinya longsor dan runtuhan batu.

Dia juga menyampaikan agar tidak terpengaruh dengan isu-isu atau berita hoax yang tidak benar. ” Masyarakat tetap tenang dan waspada serta mengikuti informasi yang bersumber dari lembaga resmi seperti BMKG dan BPBD setempat. dan tetap menjaga Protokol Covid-19 dengan melaksanakan 5M,”imbaunya. ( b)

Laporan : Ramadhan