Jabat Kapolres Konut, Priyo Utomo Sukses Bangun Citra Polri, Penuh Inovasi, Masyarakat Tentram, Daerah Damai

AKBP Priyo Utomo, SH.S.I.K

Indosultra.Com, Konawe Utara – Sosok AKBP Priyo Utomo, SH.S.I.K sangat di kenal familiar di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Yah. Ketenaran AKBP Priyo Utomo bukan sekedar karena menjabat sebagai Kapolres Konut saja, melainkan lebih dikenal karena kepribadiannya yang begitu akrab dan dekat dengan masyarakat.

Mulai kalangan bahwa sampai atas, AKBP Priyo Utomo bergaul kepada siapa saja yang memiliki nilai positif. Hingga tak kenal lelah dan waktu ia terus dekatkan diri bersama masyarakat.

Akmal -Djasmidin – Junaedi -Jefri

Nama AKBP Priyo Utomo semakin dikenal di Bumi Oheo itu, juga karena kesuksesannya menciptakan inovasi program kerja yang berdampak positif kepada masyarakat itu, dan daerah.

Salah satu inovasi program perwira lulusan Akademik Kepolisian ini, yakni Pos Mobile, dan bantuan sosial kemanusiaan. Program itu, mampu mendorong dan membangun kepercayaan citra Polri di masyarakat, serta semakin di cintai masyarakat.

Untuk program Pos mobile sendiri, aktif dan wajib dijalankan 1 kali 24 jam dengan cara menyambangi masyarakat, tempat-tempat keramaian. Serta, menyambangi kaum pemuda pemudi memberikan edukasi, pengarahan untuk selalu hidup rukun, menjalin silaturahmi, persaudaraan dan bersama – sama menjaga ketentraman daerah.

Pos mobile juga difungsikan untuk menekan tindak kejahatan diwilayah itu. Dan itu sukses secara bertahap diberantas. Sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sekarang ini tidak ada keraguan bagi masyarakat Konut untuk beraktivitas kapan pun waktunya dan dimana pun tempatnya.

“Alhamdulillah pak kalau untuk di Konawe Utara kami sangat rasakan keamanannya, kami sangat rasakan kehadiran polri melindungi masyarakat dan daerah. Saya sudah 4 (empat) tahun pak bekerja sebagai tukang service AC, mesin cuci keliling di Konawe Utara. Alhamdulillah nyaman dan aman pak,”ungkap Akmal salah satu pedangan service keliling mencurhatkan peran Polres di Konut.

Pria paruh baya asal Sulawesi Tengah ini juga menyampaikan perasaannya selama berkeliling di Konawe Utara, tak luput melihat keaktifan jajaran Polres Konut yang dipimpin AKBP Priyo Utomo terus bekerja 24 jam di lapangan mulai dari Khamtibmasnya, Sabhara dan Lalulintasnya.

Tongkat komando AKBP Priyo Utomo yang diamanahkan oleh Kapolri, mampu dikendalikannya dengan melahirkan ide pemikiran yang memberikan manfaat positif untuk masyarakat dan daerah Konawe Utara.

Hal itu, sangat dirasakan seluruh element masyarakat sampai pemerintahan. Respon cepat dalam bekerja menjadi salah satu prinsip kerja AKBP Priyo Utomo untuk menuntaskan misi kerja, dan membangun kerjasama yang baik dari berbagai pihak mulai Pemerintah, TNI, dan masyarakat.

“Kami berterima kasih sekali kepada bapak Kapolri, Kapolda Sulawesi Tenggara yang menempatkan bapak AKBP Priyo Utomo di Konawe Utara sebagai Kapolres. Kami sangat rasakan manfaatnya kehadiran beliau. Semua di jalankan dengan baik mulai sistem pengamanan, penegakan hukum sama sosial kemasyarakatan,”ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Konut, Djasmiddin memberikan tanggapannya atas kinerja Kapolres Konut.

Mendorong generasi mudah meningkatkan bakat dan prestasi di bidang olahraga juga intens dilakukan mantan Kasubdit Tipiter Polda Sultra ini, berbagai lomba olahraga selalu rutin dilaksanakan dan digabungkan antara personel Polres Konut bersama masyarakat.

Hal itu, menjadi harapan besar Priyo Utomo untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa yang berkualitas, dan meraih cita-cita, serta memiliki mental baik jauh dari pengaruh negatif.

“Selama bapak AKBP Priyo Utomo menjabat sebagai Kapolres sangat aktif di bidang olahraga. Ini sangat baik, terlebih pada pengembangan generasi mudah kita di Konawe Utara. Kami sangat bersyukur kehadiran pak Kapolres Konawe Utara, dan berterima kasih atas segala program, ide dan gagasan positif yang sudah dilahirkan. Selalu jaya Polres Konawe Utara, dan untuk bapak AKBP Priyo Utomo selalu peroleh karir yang baik sebagai anggota Polri,” kata Junaedi salah satu wasit sepak takraw nasional asal Konawe Utara.

AKBP Priyo Utomo juga dikenal sosok pemimpin religius, dan sangat di sayang oleh para ulama-ulama, serta pemuka agama di wilayah itu. Disetiap program keagamaan ia paling terdepan untuk memberikan dukungan dan support tanpa memandang agamanya.

Bahkan, di jajarannya, perwira berpangkat dua bunga melati ini mewajibkan personilnya untuk melakukan shalat berjamaah bersama disaat waktu ibadah telah tiba. Selain itu rutin melaksanakan bakti sosial di rumah-rumah ibadah bersama masyarakat.

Program Jumat Curhat yang dicanangkan Kapolri, dijalankan dengan baik oleh AKBP Priyo Utomo hingga ke seluruh wilayah pelosok desa yang berjumlah di 159 desa, 11 kelurahan, 13 kecamatan.

Seluruh aspirasi masyarakat diserap disetiap program Jumat Curhat dan di jawab dengan program kerja. Salah satunya yang dirasakan masyarakat, adalah progam bantuan bedah rumah langsung dari Kapolres AKBP Priyo Utomo.

Pelayanan informasi oleh Polres Konawe Utara di kepemimpinan AKBP Priyo Utomo juga sangat jauh lebih cepat, tepat dan akurat. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah menjangkau Informasi mulai dari ujung Desa Tondowatu sampai ujung Desa Tetewatu.

Hal itu, tentu memberikan nilai positif yang baik untuk daerah, dan telah di rasakan masyarakat. Salah satunya, pada penegakan hukum dan penindakan tindak kriminal yang terjadi seperti peredaran narkoba, curanmor, perjudian dan tidak kejahatan lainnya.

Segala hasil penindakan hukum Polres Konut di publikasi secara luas melalui peran media/pers yang menjadi mitra Polres Konut untuk memberikan keterbukaan informasi, dan sebagai sumber untuk peroleh aspirasi dan informasi masyarakat.

“Bapak AKBP Priyo Utomo bekerja profesional. Kami sangat rasakan manfaat positif kehadiran Polres Konut ini. Terlebih di kalangan media/pers yang sangat intens memberikan informasi sehingga masyarakat bisa cepat tau, dan membangun kerjasama bersama ke pihak kepolisian untuk bersama-sama menjaga masyarakat dan daerah,”ujar Jefri yang sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Konawe Utara.

Masyarakat Konawe Utara berharap Kapolri dapat menciptakan karakter pemimpin seperti AKBP Priyo Utomo yang mudah di dekati dan di sapa masyarakat. Yang selalu melahirkan inovasi kerja untuk masyarakat luas. Yang selalu peduli terhadap keamanan, ketentraman, dan kedamaian daerah. Serta, memiliki jiwa sosial tinggi dan selalu mengedepankan keakraban terhadap seluruh element masyarakat tanpa pilih kasih.***

Laporan: Redaksi

Koran Indosultra Koran Indosultra