Kerap Tergenang Air, Bupati Mubar Tinjau Sekolah di Lawada

Indosultra. Com, Laworo-Intensitas hujan yang tak menentu akhir-akhir ini, menyebabkan beberapa wilayah di Muna Barat banyak tergenang air. Dalam seminggu ini saja, Pj. Bupati La Ode Butolo bahkan sudah mengunjungi beberapa titik yang menjadi langganan genangan.

Pj. Bupati La Ode Butolo, didampingi kepala BPBD Mubar, Karimin kembali meninjau SMA 2 Sawerigadi yang terletak di desa Lawada Kec. Sawerigadi. Menurut pengakuan Kaseknya, La Tamburu, sekolah ini menjadi langganan banjir setiap musim penghujan.

Letaknya yang kerendahan, sehingga air dengan gampang masuk ke wilayah sekolah. Terkadang ketinggian air mencapai betis orang dewasa. Kalau sudah seperti itu kondisinya menurut mantan Kasek SMA 1 Lawa ini terpaksa siswanya tidak pakai sepatu masuk sekolah.

“Kadang berminggu-minggu kami dan siswa tidak bisa pakai sepatu. Nanti sudah kering airnya baru bisa pakai sepatu,” ucap Tamburu.

Sementara Kades Lawada Jaya, Jamaludin mengungkapkan jika penyebab banjir yang selama ini terjadi di desanya disebabkan kali Kaendea yang tidak jauh dari sekolah itu sering meluap.

“Sudah lama saya ingin menghadap dengan pak Bupati soal ini sebenarnya, tapi alhamdulillah hari sudah datang berkunjung. Terima kasih banyak pak semoga ada jalan keluar bagi Kami di sini. Apakah kalinya yang harus dinormalisasi atau diperlebar agar tidak meluap lagi,” harap Jamaludin.

Menanggapi hal itu, Pj. Bupati La Ode Butolo langsung memerintahkan Kepala BPBD agar mengambil langkah cepat dengan membuka saluran air agar air tidak tergenang di halaman sekolah.

“Tolong nanti disurvey dulu sungainya pak Kadis. Kalau perlu diperlebar saja agar air bisa leluasa membuang,” perintah staf ahli Gubernur Sultra ini, sabtu(1/6/2024).

Laporan : La Bulu.

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!