KRI Nanggala 402 Terbelah Tiga, 53 Personel Gugur

KRI Nanggala 402 Terbelah Tiga, 53 Personel Gugur

Indosultra.com, Nasional – Sebanyak 53 personel Kapal Selam KRI Nanggala 402 dinyatakan gugur di perairan Bali, setelah kapal itu hilang kontak sejak Rabu (21/4/2021) lalu.

Hal itu disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, saat konferensi pers pada Minggu (25/4/2021) seperti dilansir dari CNNIndonesia.com

Panglima mengatakan, diperoleh dari citra satelit telah dikonfirmasi sebagai bagian KRI Nanggala 402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal NK-11.

“53 Personel yang On board KRI Nanggala-402 telah gugur,” kata Panglima TNI.

Berdasarkan bukti tersebut, lanjutnya, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur.

Pemerintah Indonesia juga akan terus berkoordinasi dengan Ismerlo (International Submarine Escape and Rescue Liaison Office) untuk mengupayakan langkah selanjutnya.

Baca Juga : Teluk Kendari Diabadikan Jadi Nama Kapal Perang TNI-AL

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, KRI Nanggala 402 ditemukan terbelah menjadi tiga bagian.

Terdapat bagian yang terlepas dari badan utama kapal, kemudian terdapat bagian belakang kapal tak berbadan tekan. Selanjutnya kemudi horizontal dan vertikal, dan kini sudah terdeteksi berada di kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut. (b)

 

Laporan Rachmat Ramadhan