Lebaran Duluan, Jamaah Masjid Al Fatih Kendari Salat Id 2022 Minggu

Lebaran Duluan, Jamaah Masjid Al Fatih Kendari Salat Id 2022 Minggu
Jamaah Salat Id di Pelataran Masjid Al Fatih Kota Kendari

Indosultra.com, Kendari – Meski belum ada keputusan resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) tentang penetapkan Hari Raya Idul Fitri (Lebaran 2022) atau 1 Syawwal 1443 Hijriah, Ratusan warga jamaah Masjid Al Fatih Kelurahan Watulondo, Puuwatu, Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar Salat Id duluan, Minggu (1/5/2022), Pukul 07.42 Wita.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Wildan Abdu mengatakan bahwa alasan kuat memilih lebih dulu melakukan salat idul fitri atau lebaran adalah karena hilal telah berhasil kelihatan dibeberapa Negara seperti Afghanistan, Mali dan Nigeria. Dan juga dengan keyakinan berdasarkan dalil hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu ‘Umair bin Anas RA, mengatakan bahwa,

“Hilal Syawal tertutup mendung bagi kami, maka esoknya kami berpuasa (istikmal). Lalu di akhir siang datang serombongan orang dan mereka bersaksi di hadapan Rasulullah SAW bahwa mereka telah melihat hilal kemarin, maka Rasulullah SAW memerintahkan agar mereka berbuka hari itu dan keluar ke tempat shalat Ied mereka keesokan harinya”. (HR Ahmad). Sehingga hal tersebut menjadi alasan kuat penetapan 1 Syawwal 1443 H jatuh pada 1 Mei 2022.

“Alhamdulillah hasil ru’yat hilal global, hilal telah terlihat di Nigeria, Mali, Afganistan sehingga 1 Syawwal jatuh pada hari Ahad,” Jelasnya Wildan Abdu saat ditemui dilokasi, Minggu (1/5/2022).

Lebaran Duluan, Jamaah Masjid Al Fatih Kendari Salat Id 2022 Minggu

Ratusan warga terlihat antusias melaksanakan ibadah salat idul fitri tersebut. Sehingga dirinya mengucapkan banyak terimkasih kepada seluruh warga yang telah mengikuti salat id. “Walaupun sebagian warga masih banyak yang akan melaksanakan salat id besok, senin (2/5/2022). Namun kami tetap menghargai pendapat masing-masing,”lanjutnya.

Sementara itu, Nur Arifin salah satu jamaah yang turut dalam acara tersebut mengaku sangat gembira dan sangat antusias sebab rasa penasaran tentang kepastian hari raya idul fitri telah jelas dan tidak terkatung-katung menunggu keputusan pemerintah.

“Jadi eem..menurut saya memang berdasarkan ru’yat global yang memang kita ketahui bahwa telah dilihat hilal ya, pandangan saya ya seorang muslim kalau sudah terlihat hilal diberbagai wilayah di Dunia maka kita wajib mengikuti hal tersebut, maksudnya saya mencari-cari tempat dimana yang kira telah melakukan sesuai apa yang saya yakini, Alhamdulillah dapat info di Masjid Al Fatih Kendari ini,”ujarnya saat diwawancara

Diketahui hari ini salah satu Masjid yang melaksanakan salat id lebih dulu juga dilaksanakan dibeberapa titik di daerah Sultra, seperti di Desa Wonua Konawe Selatan, Unaaha, Konawe, Kolaka, Dan juga luar daerah Bujeng Barat, Gowa Sulawesi Selatan.

Laporan : Ramadhan