Pasca Covid, BLUD RS Konawe Tingkatkan Pelayanan Pulihkan Ekonomi

Pasca Covid, BLUD RS Konawe Tingkatkan Pelayanan Pulihkan Ekonomi
BLUD RS Konawe

Indosultra.com, Unaaha – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sangat berdampaknya pada semua sektor, terutama di bidang perekonomian. Kondisi ini juga dirasakan pada Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe.

Hal itu dilihat dari jumlah kunjungan pasien yang turun drastis per bulannya secara tidak langsung, mempengaruhi turunnya jumlah pendapatan rumah sakit.

Kepala BLUD Rumah Sakit Konawe dr. Agus Lahida, menjelaskan bahwa Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia memberikan dampak buruk dari sisi Penghasilan dan Kepercayaan masyarakat bagi Rumah Sakit.

” Rumah Sakit harus bekerja keras karena banyaknya utang akibat operasional lebih besar dibanding pendapatan. Belum lagi berkurangnya jumlah masyarakat yang akan berobat ke BLUD RS Konawe karena takut terpapar Covid,” jelasnya, Rabu (17/11/21).

Selain banyak perawat atau tenaga ahli yang terpapar, Covid tentu saja mempengaruhi tingkat pelayanan.

Agus mengungkapkan, dengan adanya permasalahan yang timbul akibat pandemi Covid – 19, maka pihak managemen Rumah Sakit membuat beberapa strategi – strategi untuk bisa memulihkan kondisi perekonomian yang menurun.

Dijelaskannnya ada 15 strategi dan upaya yang dilakukan, salah satunya yakni bekerja sama dengan pihak perusahaan asing dan kelapa sawit dalam hal pemeriksaan dan pelayanan kesehatan.

” Setelah kita terapkan strategi – strategi tersebut, Alhamdulillah secara perlahan kunjungan pasien berangsur normal,” tutupnya. (b)

Laporan Febri