Pelantikan HIMAPP Koltim , Bupati Abdul Azis Dorong Peran Agent of Change dan Agent of Social Control Melalui Pemuda Dan Pelajar

Indosultra.Com, Kolaka Timur – Suksesnya pelantikan dan rapat kerja Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Mahasiswa Pemuda Pelajar Kolaka Timur (HIMAPP-Koltim), pada Sabtu,(27/01/2024) siang di Aula Rujab Bupati, Desa Matabondu, Kecamatan Tirawuta, telah membuka babak baru dalam sejarah kemajuan Kolaka Timur.

Acara prestisius ini, yang diselenggarakan oleh HIMAPP-Koltim, menjadi sorotan utama dengan kehadiran anggota berbagai organisasi kemahasiswaan, pemuda, pelajar, tokoh pemekaran, Sekda Kolaka Timur, perwakilan polres Kolaka Timur, serta jajaran pejabat eselon ll pemda Koltim yang memberikan dukungan penuh.

Bupati Abd. Azis,SH. MH yang turut menghadiri acara sebagai bentuk apresiasi terhadap keberhasilan pelantikan, memberikan ucapan selamat dan sukses kepada pengurus pusat HIMAPP-Koltim yang baru dilantik.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan harapannya agar HIMAPP – Koltim menjadi wadah yang aktif dalam mengembangkan potensi mahasiswa, pemuda, dan pelajar Kolaka Timur, mendukung pembangunan, serta mendorong kemajuan daerah.

Menyoroti peran mahasiswa dan pelajar, Bupati Abd. Azis menekankan dua peran krusial, yaitu sebagai agent of change atau agen perubahan dan sebagai Agent of social control, mahasiswa diingatkan untuk mampu menawarkan perubahan paradigma baru, terutama dalam menghadapi era kemajuan teknologi yang pesat.

Menurut Bupati Azis, saat ini bukan lagi negara besar menguasai negara kecil, melainkan negara yang cepat menguasai negara yang lambat. Oleh karena itu, peran mahasiswa sebagai kaum intelektual muda menjadi sangat penting untuk mendorong masyarakat agar melek teknologi dan tidak tertinggal dari daerah lain.

Bupati berharap agar mahasiswa atau pelajar, sebagai agent of social control, dapat menempatkan diri sebagai kaum tengah, menjadi penyambung lidah rakyat, dan rekan pemerintah dalam mendukung program-program positif bagi masyarakat.

Ia mendorong generasi muda untuk eksis dan mendayagunakan potensi yang dimiliki, sambil menjaga kerukunan, persatuan, dan kesatuan. Pesan diberikan kepada HIMAPP – Koltim untuk menjaga nama baik organisasi dan daerah, tetap giat belajar, raih prestasi gemilang, serta gali pengalaman melalui berbagai organisasi dan perhimpunan.

Pelantikan ini diakui sebagai langkah strategis dalam upaya memperkuat dan memperbaharui struktur kepemimpinan organisasi.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pemuda Pelajar, Muh.Sopian, menyampaikan kebanggaannya terhadap pelantikan dirinya Serta melibatkan sekitar 200 orang anggota yang dilantik langsung oleh Bupati.

Muh. Sopian menegaskan bahwa setelah acara pelantikan, HIMAPP-Koltim akan segera menggelar rapat program kerja untuk menyusun rencana kerja satu tahun ke depan. Harapannya, anggota HIMAPP-Koltim dapat terus solid, bersatu, dan saling merangkul, melibatkan kalangan pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam upaya bersama untuk kemajuan Kolaka Timur.

Ketua BEM USN Kolaka, Muh. Idul Fitri Suardi, menyambut pelantikan dengan positif dan menganggapnya sebagai langkah yang sangat baik untuk menyatukan mahasiswa, pemuda, dan pelajar dalam mewujudkan perubahan positif di Kolaka Timur, Muh Idul fitri berharap agar HIMAPP-Koltim dapat bersinergi tidak hanya di USN Kolaka, tetapi juga di universitas-universitas lain, serta memberikan beasiswa kepada mahasiswa di seluruh daerah.

Muh. Idul mengatakan turut mengapresiasi dukungan Bupati Kolaka Timur terhadap gerakan mahasiswa, pemuda, dan pelajar, melihatnya sebagai bukti nyata dukungan terhadap organisasi positif.

Semoga langkah-langkah yang diambil oleh DPP HIMAPP-Koltim dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa, pemuda, dan pelajar di Kolaka Timur serta masyarakat pada umumnya.

Laporan : Asrianto Daranga.

Koran Indosultra Koran Indosultra