Pemkot Kendari Serahkan Bantuan Usaha Perikanan ke Warga

Ketgam: Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir saat menyerahkan secara simbolis bantuan usaha perikanan.(Indosultra.Com).

Indosultra.Com,Kendari- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan dan klaim asuransi kepada warga pelaku usaaha perikanan di Kelurahan Anawai, Selasa (2/2/2021).

Tak hanya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir yang turut hadir juga menyerahkan Kartu Usaha Perikaanan (Kusuka). Kartu ini sendiri berfungsi untuk memudahkan para pelaku usaha untuk mengakses transaksi online serta memudahkan akses pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR).

“Program Pemerintah Kota Kendari yang tak kalah pentingnya adalah program asuransi nelayan, yang merupakan kerjasama Pemkot bersama asuransi jasindo. Asuransi nelayan ini merupakan jaminan bagi nelayan yang apabila melakukan aktifitas melaut mengalami musibah, akan mendapat jaminan dalam bentuk santunan,”jelas Sulkarnain, Selasa (2/2/2021).

Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari,Imran Ismail mengatakan, penerima bantuan sendiri saat ini terdapat 147 penerima kartu Kusuka yang sudah siap untuk di salurkan.

“Penerima Kartu Usaha Perikanan (Kusuka) diwakili oleh dua penerima, yang mana tahun 2020 kemarin 147 penerima Kartu Kusuka sudah siap disalurkan bekerjasama dengan dengan BNI serta sebelas klaim asuransi berkerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan bagi nelayan yang terkena musibah 2020 kemarin sebesar 498 juta Rupiah,”ungkap Imran

Imran juga mnjelaskan, manfaat Kartu Kusuka, memudahkan nelayan untuk bertransaksi serta memudahkan nelayan untuk mendapatkan bantuan. Budidaya Perikanan merupakan salah satu bentuk usaha masyarakat masyarakat selama Pandemi Covid-19 serta merupakan bentuk mendukung usaha pemerintah dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk mendukung ketahanan pangan nasional.*(IS).

Laporan: Dian Angraeni