Volume Sampah Capai 108 Ton Per Hari, DLH Konawe Ajak Warga Bijak Buang Sampah

Volume Sampah Capai 108 Ton Per Hari, DLH Konawe Ajak Warga Bijak Buang Sampah

Indosultra.com, Unaaha – Volume sampah di Konawe saat ini mencapai sekitar 108 ton per hari. Data yang berhasil dihimpun pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe, setiap tahun tercatat 33.696 ton sampah diangkut dari tempat pembuangan sampah (TPS) ke tempat pembuangan akhir (TPA) di kelurahan Puosu, Kecamatan Unaaha.

Angka ini meningkat seiring dengan perubahan perilaku warga kota Unaaha, kabupaten Konawe yang lebih konsumtif.

Kepala dinas lDLH Kabupaten Konawe, Heriyanto Wahab menyebutkan, produksi sampah di Konawe mengalami peningkatan tetapi tidak signifikan. “Kalau kita kalkulasi ada sekitar 33.696 ton per tahun sampah yang kita angkat dari TPS ke TPA,” ungkapnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (4/7/22).

Dijelaskan peningkatan volume sampah ini juga karena kurangnya kedisiplinan warga kota Unaaha dalam membuang sampah. Padahal pemerintah telah menyiapkan TPS di beberapa titik, tetapi ada saja warga yang lebih memilih membuang sampah di trotoar jalan bahkan di badan jalan.

” Kita selalu mengimbau masyarakat membuang sampah di tempat pembuangan sampah (TPS), dan itu sebaiknya dilakukan sebelum petugas kami melakukan pengangkutan,” ujarnya.

Heriyanto berharap agar masyarakat Konawe, terutama warga kota Unaaha lebih peka terhadap kebersihan lingkungan dan bijak dalam membuang sampah.

” Upaya penanganan sampah ini membutuhkan dukungan kita semua, kalau bukan kita yang menjaga kebersihan kita dan lingkungan kita siapa lagi,” tandasnya.

Saat ini, DLH kabupaten Konawe memiliki 8 armada truk pengangkut sampah yang beroperasi pada pukul 05.00 – 07.00 pagi agar kota Unaaha tetap bersih buanglah sampah sebelum petugas kebersihan melakukan pengangkutan. (b)

Laporan : Febri