Tim URC-KISS Salur Bantuan Ribuan Ekor Bibit Itik, Bupati Konut: Jangan Jual Kalian Akan Berurusan Hukum

Indosultra.Com, Konawe Utara-Tim Unit Reaksi Cepat Kemiskinan Ekstrim, Inflasi dan Stunting (URC-KISS) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali menyalurkan bantuan 6.250 ekor bibit itik kepada kelompok peternak diwilayah itu.

Penyerahan bantuan oleh Tim URC-KISS Konut dipimpin langsung Bupati Konut, Ruksamin, bersama Wakil Bupati Konut, Abu Haera, Ketua DPRD Konut, Ikbar, Komandan Angkatan Laut Kendari, Kapolres Konut, Dandim 1430 Konut, Kapos BIN Konut, Kepala Basarnas Konut, Kepala BPS Konut, Kepala Bank Sultra Cabang Konut, Kepala OPD Konut dan mitra pemerintah lainnya.

Kegiatan berlangsung di Rujab Ketua DPRD Konut, Senin (3/8/2023). Dihadiri oleh para kelompok peternak, dan diselenggarakan Pemda Konut melalui Dinas Peternakan dan tanaman Pangan Konut.

Bupati Konut, Ruksamin menegaskan kepada para penerima santunan, agar memanfaatkan bantuan yang diperoleh bersama seluruh anggota kelompok. Serta, tidak menyalahgunkan bantuan tersebut.

“Saya ingatkan jangan kalian jual bantuan ini (bibit itik Red..) kalian akan berurusan dengan hukum. Kamu setengah mati urus bantuan ini di Kementerian. Dan tim URC-KISS ini melibatkan langsung Polres Konut,”imbau Bupati Konut, Ruksamin kepada para kelompok ternak penerima bantuan.

Manta Ketua DPRD Konut ini menyampaikan, penyaluran bantuan bibit itik merupakan salah satu rangkaian program pemerintah dalam menangani Kemiskinan Ekstrim, Inflasi dan Stunting di Konut.

Penyerahan bibit itik, kata Ruksamin diberikan langsung kepada kelompok peternak yang telah diverifikasi baik nama, tempat usaha dan lokasinya oleh tim Dinas Peternakan Konut sesuai syarat yang ditentukan.

“Kamu akan turun pantai langsung di lapangan melihat pengelolaannya. Kepada ketua kelompok, jangan kelolah sendiri. Libatkan seluruh anggota kelompok, dan sama-sama nikmati hasilnya,”ucapnya kembali mewarning para kelompok peternak.

Tercatat, sebanyak 24 kelompok peternak tersebar di 13 kecamatan terdiri masing-masing 10 sampai 25 orang per kelompok menerima bantuan tersebut secara langsung.

Untuk di bulan pertama, lanjut Bupati Konut, Ruksamin, pemerintah juga memberikan bantuan pakannya. Hal itu, sebagai langkah pemerintah membantu para peternak mengembangbiakkan hewan tersebut.

“Kelolah dengan baik bantuannya karena ini sangat menjanjikan. Jangan kasi pusing lagi saya gara-gara ada perselisihan antara anggota kelompok,”ujarnya.

“Kita terus berupaya mempercepat gerakan penanganan kemiskinan ekstrim, inflasi dan stunting di Konawe Utara. Ini merupakan isu nasional yang diprogramkan langsung bapak Presiden RI,”tukasnya.***(IS)

Laporan; Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra