Pemda Konut Genjot Program Perlindungan Kekerasan Anak dan Perempuan

Sekda Konut, Kasim Pagala

Indosultra.Com, Konawe Utara-Pemerintah Daerah (Pemda), Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), terus menggenjot program perlindungan kekerasan terhadap anak dan perempuan diwilayah itu.

Sekertaris Daerah (Sekda) Konut, Kasim Pagala mengatakan, kualitas anak dan perempuan memiliki peran penting untuk mewujudkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik. Sehingga, kata Kasim sapaan akrabnya, program tersebut menjadi salah satu perhatian serius pemerintah.

“Anak adalah masa depan bangsa dan daerah untuk melanjutkan pembangunan. Tumbuh kembangnya generasi muda yang memiliki kualitas, tentu juga tidak lepas dari peran perempuan, seorang ibu. Olehnya itu, kualitas program perlindungan anak dan perempuan kita terus tingkatkan,”ujarnya, Minggu (12/9/2021).

Pria peraih penghargaan Manggala Karya Kencana bidang keluarga berencana ini mengungkapkan, tidak sedikit korban kekerasan, kriminalisasi menimpa anak-anak dan perempuan. Parahnya, sebagian besar pelaku adalah orang terdekat.

Kejadian itu, kata dia sangat berdampak buruk pada tumbuh kembang kepribadian anak, dan perempuan yang memiliki peran penting dalam peroses pendidikan dirumah tangga.

“Untuk memaksimalkan langkah kita, di Dinas Perlindugan Perempuan dan Anak sebagai lining sektor kita terus presur agar lebih baik lagi. Serta, menempatkan orang-orang yang berkompetensi diinstansi itu,”terangnya.

“Termasuk jalinan kerjasama kepada mitra-mitra terkait seperti Kepolisian untuk kita perkuat, agar pelayanan di program ini betul-betul berjalan baik, guna menetralisir kekerasan terhadap anak dan perempua,”tukasnya.*(IS)

Laporan: Redaksi