Sebuah Truk Terguling Usai Gagal Menanjak di Jalan Trans Kolaka Utara

Indosultra.com,Kolaka Utara – Sebuah truk terguling usai gagal menanjak di Pendakian Laleko, Jalan Trans Sulawesi Desa Bahari, Kecamatan Tolala, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Rabu (10/1/2024).

Diketahui, Truk tersebut mengangkut 15 ton indomie.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Tolala Ipda Jumardi mengatakan, kejadian tersebut sekira pukul 09.30 Wita pagi, yang dimana truk tersebut mengangkut 15 ton indomie.

“Truk ini mengakut 15 ton indomie dan gagal menanjak di pendakian Laleko Kolaka Utara sehingga terguling dan menutup jalan,” ujar Kapolsek Tolala Ipda Jumardi kepada Rabu (10/1/2024).

Lanjut Jumardin, peristiwa itu berawal saat truk tersebut bergerak dari arah Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur menuju Kecamatan Lasusua, Kolaka Utara. Saat tiba di tanjakan Laleko, sopir bernama Baharuddin (43) diduga gagal mengoper persenalan.

“Pas di tanjakan, sopir ini mau mengoper persenelan gigi, tapi gagal,”katanya

Dia mengungkapkan dari keterangan sang sopir, ada kerusakan pada persenelan truk. Sehingga, ketika dilakukan pengoperan gigi dua ke satu terjadi kegagalan.

“Katanya pas mau oper ke gigi satu, ternyata ada kerusakan di persenelannya, tidak bisa naik ke gigi satu,” bebernya

Akibatnya, truk tak mampu menanjak dan mundur. Kemudian truk terguling dan menutup seluruh bahu jalan. Sedangkan muatan indomie sebanyak 15 ton berhamburan di tengah jalan.

“Saat ini masih dilakukan evakuasi, karena truk masih menutup jalan. Hanya mobil kecil yang bisa lewat, truk-truk besar masih tertahan,” ungkapnya.

Laporan: Krismawan

Koran Indosultra Koran Indosultra