Status Banjir Konut Naik Siaga ll, Jalan dan Rumah Warga Banjir, BPBD Siaga 24 Jam

Ketgam:Ruas jalan wilayah Kecamatan Langgikima Konut terendam bajir diakibatkan hujan deras hingga membuat sungai meluap.(Foto:Istimewah).

Indosultra.Com, Konawe Utara-Curah hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), membuat beberapa wilayah Kecamatan terendam banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut naikkan status banjir dari siaga l menjadi siaga ll. Kondisi dimasyarakat saat ini Mengkhawatirkan.

Kepala BPBD Konut, Rahmatullah melalui Kabid Kedaruratan, Djasmiddin menuturkan, dari hasil pantauan sejak siang tadi salah satu Sungai Paralahuene meluap sehingga memutuskan akses menuju antara Desa Lamonae ke Pondoa.

Kemudian, sungai yang berada di Tambakua juga meluap dan menyebabkan akses jalan dari Kecamatan Langgikima ke Tambakua terputus.

“Hingga malam ini, pukul 01.00 wita kami mengecek kondisi air di Desa Sambandete. Daerah ini selalu menjadi acuan kami dari tim BPBD untuk mengetahui kondisi air atau banjir diwilayah Kecamatan Landawe, Wiwirano dan Langgikima. Juga Kecamatan Asera dan Andowia,”ungkap Djasmiddin melalui via WhatsApp, Senin (12/7/2021).

“Setelah kami turun malam ini di Desa Sambandete, ketinggian air sungai masih sekitar dua meter mencapai permukaan tanah. Artinya, jalan poros trans sulawesi masih aman dan belum dibanjiri air,”tambahnya.

Disampaikan, setibanya diposko darurat pihaknya mendapat laporan jika beberapa rumah warga di Desa Laronanga telah terendam banjir yang diakibatkan luapan Sungai Anggomate.

“Setelah kami turun kembali, memang beberapa rumah sudah terendam banjir ketinggian 40 cm, dan sudah mengalir menyebrangi jalan pelabuhan ke Desa Labungga, sampai saat ini hujan masih turun,”ujarnya.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil konsultasi BPBD Konut dan BMKG Maritim Kendari tentang curah hujan, dan potensi naik debit air di beberapa sungai yang ada di Konut khususnya di Kecamatan Andowia, Asera, Oheo, Langgikima, Landawe, Wiwirano, malam ini hingga esok hari masih menunjukkan curah hujan terus turun.*(IS)

Laporan: Redaksi